Senin, 21 Mei 2012

Manfaat Donor Darah

Apakah anda sudah tahu manfaat apa saja yang didapat dari mendonorkan darah kita ??
Mungkin anda pernah berfikir bahwa dengan seringnya kita mendonorkan darah kita berarti darah kita akan berkurang ??
Itu salah besar. Mungkin sedikit pengetahuan dibawah ini tentang manfaat donor darah bagi kesehatan .
5 manfaat donor darah bagi kesehatan.

1. Bermanfaat Untuk Menjaga Kesehatan Jantung
Ada zat besi yang terkandung dalam darah setiap orang. Jika kadar zat besi yang ada dalam darah tersebut berlebihan akan lebih beresiko dan menjadi lebih rentan terhadap serangan penyakit jantung. Zat besi yang berlebihan yang ada di dalam darah bisa menyebabkan oksidasi kolesterol. Produk oksidasi tersebut akan menumpuk pada dinding arteri dan ini sama dengan memperbesar peluang terkena serangan jantung dan stroke. Jika seseorang secara rutin mendonorkan darahnya maka kandungan jumlah zat besi yang ada dalam darah juga bisa lebih stabil. Kesimpulannya dengan mendonorkan darah akan menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

2. Bermanfaat Untuk Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah
Ternyata donor darah juga bisa membantu tubuh untuk mengurangi jumlah sel darah merah dalam darah. Tak usah kawatir dengan berkurangnya sel darah merah, karena sumsum tulang belakang akan segera mengisi ulang sel darah merah yang telah hilang. Hasilnya, sebagai pendonor kita akan mendapatkan pasokan darah baru setiap kali kita mendonorkan darah. Oleh karena itu, donor darah menjadi langkah yang baik untuk menstimulasi pembuatan darah baru.

3. Bermanfaat Untuk Membantu Penurunan Berat Badan
Dengan menjadi seorang pendonor darah merupakan salah satu cara diet dan pembakaran kalori yang cukup ampuh. Karena dengan cara memberikan kurang lebih 450 ml darah, bisa membantu proses pembakaran kalori kira-kira sejumlah 650 kalori. Ini merupakan jumlah kalori yang banyak untuk membuat pinggang kita ramping.

4. Bermanfaat Untuk Mendapatkan Kesehatan Psikologis
Prinsipnya bahwa sebetulnya setiap manusia adalah mahluk sosial dan ingin menolong orang lain yang membutuhkan bantuan. Apalagi dengan mendonorkan darah tentu tak dapat di nilai dengan materi uang sehingga berdampak kepuasan dan kegembiraan secara psikologis. Ada sebuah penelitian bahwa orang yang sudah lanjut usia dan secara rutin menjadi pendonor darah akan merasakan tetap berenergi dan bugar.

5. Bermanfaat Untuk Mendeteksi Penyakit Serius
Jika seseorang ingin mendonorkan darah pasti mengalami beberapa prosedur seperti darah akan diperiksa terlebih dahulu sehingga akan diketahui apakah kita memiliki penyakit seperti HIV, hepatitis B, hepatitis C, sifilis, dan malaria sehingga kita bisa tahu kondisi kesehatan kita. Sedangkan buat yang menerima donor darah ini merupakan informasi yang sangat penting karena untuk mengantisipasi terjadinya penularan penyakit yang diakibatkan melalui transfusi darah.


Hidup ini indah, jika kita bisa saling berbagi. Walaupun hanya sebuah tulisan

0 komentar:

Posting Komentar